MUSIK KAMAR DAN GAIRAH MUSIK KLASIK

MUSIK KAMAR DAN GAIRAH MUSIK KLASIK. Sebuah kelompok musik kamar dari Vietnam yang menamai dirinya “Song Hong Chamber Music” telah berpatisipasi dalam konser virtual Ascoltate yang ke 36.

Kelompok musik kamar ini beranggotakan Pham Truong Son (violin), Dao Tuyet Trinh (Cello), dan Pham Quynh Trang (Piano).

Konser diadakan kemarin pada Selasa, 6 April, pk.19.00 WIB di kanal youtube ascoltate music.

Musik Untuk Apresiasi

Konser Ascoltate adalah konser apresiasi bulanan yang difasilitasi oleh Pascasarjana ISI Yogya. Konser apresiasi bulanan ini dibuat dalam rangka menyediakan ruang apresiasi mendengar musik seni bagi khalayak sekaligus ruang berlatih untuk tampil bagi para musisi.

Beethoven dan Rachmaninoff

Dalam konser tersebut, Song Hong Chamber Music membawakan dua buah repertoar, masing-masing yaitu:

Konser dibuka dengan sambutan Asep Hidayat selaku ketua program. Kemudian konser diawali dengan Piano Trio no. 1 Op.70 dari Beethoven.

Sebuah repertoar dengan intro yang tegas diikuti tema yang lebih legatto. Dengan pengembangan tema yang sangat rapi, di mana tema diikuti pengembangan-pengembangan yang bervariasi.

Gaya komposisi klasik masih terasa sangat kental pada karya Beethoven yang satu ini. Di mana masing-masing segmen musikal yang disusun terkesan sangat simteris.

Repertoar ini dimainkan oleh Song Hong Chamber Music dengan apik, artikulasi dan tone colour yang baik serta pembentukan ekspresi yang bisa menampakan masing-masing segmen musikal repertoar ini dengan jelas.

Selanjutnya nomor kedua dari Rachmaninoff, berjudul Trio Élégiaque no.1 in G minor.

Komunikasi Musikal dalam Musik Kamar

Repertoar ini terbilang lebih kompleks dari segi kompositoris dan juga ekspresi dibanding repertoar sebelumnya. Dengan lebih banyak momen kontras dan modulasi.

Namun bersamaan dengan itu, pada repertaor ini, bisa diilang Rachmaninoff masih memegang teguh konsep musik kamar tradisional yang begitu mengutamakan “keintiman komunikasi” di antara masing-masing seksi suara.

Bisa kita amati begitu banyak momen sahut-menyahut antar suara, terutama violin dan cello, serta diselingi piano yang beralih fungsi dari pengiring menjadi solis. Tidak lupa juga momen sahut-menyahut kemudian diikuti dengan unison violin-cello dengan penegasan aksen dari piano.

Semua bisa dieksekusi dengan baik oleh Song Hong Chamber Music. Komunikasi musikal terasa sangat intens di antara masing-masing suara ketika mereka memainkan repertoar ini.

Musik Kamar sebuah Format yang Efektif

Dua penampilan yang sangat baik dari Song Hong Chamber Music membuktikan bahwa mereka memang kelompok musik yang sudah berpengalaman, di samping jejak rekam konsernya yang sudah dilakukan sebanyak ratusan kali di berbagai kota dan negara sejak 2009.

Tidak berlebihan jika mereka meyakini bahwa melalui musik kamar mereka dapat membagikan gairah atau antusiasme musik klasik kepada penonton.

Repertoar-repertoar musik kamar memang memiliki penekanan yang besar pada komunikasi musikal antar seksi suara. Karena dari sejarahnya, komposisi musik kamar dibuat untuk dimainkan bersama rekan musisi di setiap kesempatan mereka bertemu.

Dengan komunikasi musikal yang intens di antara masing-masing musisi, mereka dapat membangkitkan gairah kenikmatan bagi penonton yang menyaksikan pentas.

“Musik kamar adalah cara yang paling efektif untuk berbagi antusiame musik klasik kepada audiens baru”.

Video konser akan tetap berada di kanal Youtube Ascoltate Music. Bagi kalian yang belum sempat menyaksikan konser live streaming-nya, bisa kunjungi youtube ascoltate music.

Worksheet ini bertujuan untuk membantu kita agar lebih peka terhadap element-element utama musik ketika kita mendengarkan musik.

Dukung kami untuk menghasilkan konten-konten berbasis pengetahuan yang berkualitas.

Abstraksi musik adalah start-up media musik yang berfokus pada pemberdayaan dan pengembangan ekosistem musik di Indonesia.

Download

Follow Abstraksi

© Abstraksi Musik.