MANFAAT POSITIF MENDENGARKAN MUSIK

Manfaat Positif Mendegarkan Musik

Manfaat Positif Mendengarkan Musik. Banyak studi yang membuktikan kalau mendengarkan musik bisa membawa dampak positif bagi kesehatan mental. Tetapi, bagaimana itu bisa terjadi? Apakah semua orang bisa mendapat manfaat yang sama dari mendengarkan musik?

Musik merupakan fenomena bunyi-bunyian yang pasti sering kita jumpai setiap hari. Entah itu di rumah, di pusat perbelanjaan, di cafe, dan di berbagai tempat yang sering kita kunjungi. Seolah-olah, musik adalah fenomena yang tidak mungkin lepas dari kehidupan kita.

Lantas, mengapa kita rasanya begitu dekat dengan musik? Apakah karena musik memberikan manfaat konkrit tertentu atau hanya semata karena sifatnya yang menghibur?

Mengapa Mendengarkan Musik Itu Menyenangkan?

Bisa dikatakan, kita sangat menyukai musik pertama-tama memang karena sifatnya yang menghibur. Karena sifat *entertain-*nya itu, kita bisa memetik banyak manfaat jika dikaitkan dengan faktor-faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan mental, khususnya mood.

Misalnya, beberapa studi sebelumnya menemukan bahwa mendengarkan musik bisa meningkatkan mood atau menjadi lebih rileks. Manfaat-manfaat ini adalah alasan utama mengapa kita bisa senang terlibat dengan musik.

Manfaat apa yang akan didapat juga berkaitan dengan beberapa hal. Misalnya, kepribadian seseorang dan musik jenis apa yang menjadi preferensinya. Sehingga, dampak emosionalnya akan relevan bagi seseorang ketika mendengarkan musik karena sesuai dengan preferensinya.

Apakah Mendengarkan Musik Bisa Menjadi Cara Mengatur Mood Seseorang?

Sehubungan dengan itu, studi lebih lanjut ingin mengetahui apa saja syarat-syarat yang memungkinkan aktivitas mendengarkan musik bisa meningkatan kualitas mood dalam kehidupan sehari-hari.

Apakah semua orang bisa mendapat manfaat yang sama dari mendengarkan musik? Apa yang memungkinkan orang bisa memetik memanfaat tersebut?

Ada sebuah dugaan, jika minat seseorang terhadap musik semakin besar, maka orang tersebut juga akan cenderung memanfaatkan musik secara ektensif dalam kegiatan hariannya. Tapi kecederungan ini belum tentu berlaku bagi orang yang tidak memiliki minat terhadap musik.

Sehingga, mendengarkan musik bisa menjadi strategi mengatur mood, terutama bagi orang-orang yang menaruh minat besar terhadap musik. Karena, besarnya minat dan reaksi emosional terhadap musik memungkinkan berubahnya mood seseorang yang sedang mendengarkan musik.

Akhirnya, musik bisa memberikan manfaat dalam hal mengatur mood, terutama jika aktivitas mendengarkan musik diatur sedemikian rupa.

Yang dimaksud dengan strategi mengatur mood sendiri antara lain: pemeliharaan mood positif, relaksasi, membangkitkan mood, membangkitkan pengalaman emosi yang kuat (misalnya: semangat), pengalihan rasa khawatir, pelepasan emosi negatif, dan lain sebagainya.

Bagaimana Orang Bisa Mengatur Mood Mereka Hanya Dengan Mendengarkan Musik?

Sebuah studi dalam jurnal Musica Scientiae 2012 membuktikan dugaan ini. Yaitu, bahwa mendengarkan musik bisa menjadi strategi mengatur mood, terutama bagi orang yang memiliki beberapa kecenderungan.

Orang yang cenderung bereaksi intens terhadap keindahan musik yang dia sukai akan cenderung menggunakan musik untuk mendapat pengalaman menyenangkan (misal: membangkitkan gairah atau semangat).

Selain itu, orang yang cenderung menyukai berbagai karakter emosi musik (sedih atau gembira) yang dia sukai, akan cenderung memanfaatkan musik untuk mengatur emosi. Sebagai contoh: menjaga mood tetap baik ketika berhadapan dengan emosi negatif (rasa gelisah, sedih, dll).

Kecenderungan-kecenderungan ini tidak berhubungan langsung dengan latar belakang pelatihan musik seseorang. Namun lebih berkaitan dengan besarnya minat dan besarnya reaksi emosi seseorang terhadap musik.

Sumber : Musica Sciantiae

Penulis : Henry Yuda Oktadus

Worksheet ini bertujuan untuk membantu kita agar lebih peka terhadap element-element utama musik ketika kita mendengarkan musik.

Dukung kami untuk menghasilkan konten-konten berbasis pengetahuan yang berkualitas.

Abstraksi musik adalah start-up media musik yang berfokus pada pemberdayaan dan pengembangan ekosistem musik di Indonesia.

Download

Follow Abstraksi

© Abstraksi Musik.