5 LANGKAH SUKSES MENITI KARIR SEBAGAI MUSISI

5 Langkah Sukses Meniti Karir Sebagai Musisi

5 LANGKAH SUKSES MENITI KARIR SEBAGAI MUSISI. Meniti karir sebagai musisi profesional adalah jalan panjang. Namun sama halnya di bidang lain selain musik. Tidak ada kesuksesan tanpa usaha, ketekunan, dan konsistensi yang mendahului.

Selebihnya yang dibutuhkan adalah pengetahuan tentang bagaimana mengembangkan diri, baik soal keterampilan profesi maupun pengetahuan bagaimana keahlian itu mendapatkan tempatnya dalam menyediakan kebutuhan pasar (marketing, menejemen, dan bisnis).

Berikut ini adalah beberapa langkah umum yang bisa memandu perencanaan karir sebagai musisi profesional.

1. Berlatih, berlatih, dan berlatih

Tahap ini adalah tahap sejauh apa musisi dapat mengembangkan dirinya sebagai pemain musik yang berkualifikasi.

Musisi profesional biasanya mulai membangun karir mereka sajak usia dini. Lebih tepatnya dengan mendapatkan pelatihan musik di usia dini. Namun bagi yang tidak mendapat kesempatan itu, masih ada harapan. Belajarlah secara privat pada seorang instruktur profesional dan berlatihlah sebanyak mungkin.

Pilihan lainnya, berlajarlah di konservatori atau jenjang diploma yang memberikan pelatihan semua keterampilan untuk menjadi seorang musisi ahli.

2. Memilih Lembaga Pendidikan yang Bereputasi

Pilihlah lembaga pendidikan yang memiliki reputasi baik serta memiliki banyak relasi dengan industri dan lembaga kreatif.

Karena, lembaga pendidikan dengan reputasi baik mengindikasikan keseriusan dan kualitas SDM sebuah lembaga dalam penyelenggaraan pendidikanmya. Selanjutnya berimbas pada kualitas lulusan terkait keahlian bidang yang dipelajari.

Selain itu, reputasi baik lembaga pendidikan secara tidak langsung menjadi poin tambahan dalam portofolio peserta didik dan lulusan.

Ditambah memiliki banyak relasi dengan industri dan lembaga kreatif, secara nyata akan membuka peluang berkarir para lulusan.

3. Mempelajari Etika Profesional dan Keterampilan Mengahadapi Situasi

Tahap ini adalah tahap sejauh apa musisi bisa mengembangkan kemampuan diri dalam mengatasi berbagai tantangan sebagai profesional.

Menjadi musisi profesional memerlukan etos kerja, komitmen, dedikasi, dan kemampuan untuk bekerja dalam tekanan. Latihan dan segala urusan yang berkaitan dengan persiapan pentas dan rekaman akan menjadi bagian dari hidup.

Di samping itu, musisi profesional mesti bisa menerima dan mengatasi kritik karena kapasitas seseorang sebagai musisi akan selalu dihadapkan dengan berbagai ekspektasi dan tuntutan dari berbagai pihak, baik audiens ataupun menejemen.

4. Menguasai Beberapa Bidang yang Bisa Mendukung Karir

Tahap ini adalah tahap sejauh apa musisi bisa menyalurkan semua potensinya pada setiap peluang yang tersedia.

Ekonomi abad ini menuntut setiap orang untuk menjadi orang dengan multi talenta. Demikian juga pada bidang musik, terdapat beberapa spesifikasi kompetensi lain yang bisa dikuasai demi memperluas besarnya peluang karir dan bisnis. Akan tetapi, bisa lebih jauh lagi jika mengintegrasikan keterampilan-keterampilannya dengan,

5. Menguasai Teknologi Informasi dan Pola Marketing

Yang patut digaris bawahi, sekali orang memutuskan menjadi seorang profesional, maka mesti disadari bahwa masing-masing profesi dan usaha berada dalam jaringan bisnis yang memiliki peran dan kapasitasnya masing-masing untuk menyediakan kebutuhan pasar.

Dengan mengetahui hal itu, musisi akan menyadari betapa pentingnya perencanaan-perencanaan yang mesti dibuat dan direalisasikan untuk ikut masuk dalam jejaring ekonomi yang sesuai.

Dan dengan menguasai hal itu, musisi bisa secara mandiri membangun exsposure dan memperluas audiens maupun jaringan/relasi bisnisnya. Sehingga peluang karir akan semakin terbuka lebar.

Panduan ini memuat wawasan mendasar tentang latihan beserta langkah-langkah penerapan cara berlatih yang efisien dan efektif untuk memperoleh keterampilan musikal yang optimal.

Dukung kami untuk menghasilkan konten-konten berbasis pengetahuan yang berkualitas.

Abstraksi musik adalah start-up media musik yang berfokus pada pemberdayaan dan pengembangan ekosistem musik di Indonesia.

Download

Follow Abstraksi

© Abstraksi Musik.