“AN INTRODUCTION TO MUSIC STUDIES” – PENGANTAR KAJIAN MUSIK

“AN INTRODUCTION TO MUSIC STUDIES” – PENGANTAR KAJIAN MUSIK. Pengalaman bergaul (bersosial: pertemanan) merupakan pengalaman yang cukup penting. Karena dari pengalaman bergaul tersebut seseorang bisa terpengaruh secara positif ataupun negatif dalam hal karakter, perilaku, cara berpikir, hingga cara bertutur.

Pergaulan bisa mempengaruhi seseorang sedemikian rupa karena melalui pergaulan seseorang akan mendapatkan pengetahuan, pandangan, dan juga persepsi kelompok yang saling dibagikan antar satu sama lain anggota kelompok.

Oleh karena itu banyak orang sering kali mengatakan jangan sampai anak-anak salah dalam bergaul.

Dengan kata lain, ketika seseorang memasuki dunia pergaualan ia dihadapkan dengan berbagai macam lingkungan sosial yang pada akhirnya bisa turut membentuk kepribadiannya, paling tidak sebagian kecil.

Persoalannya, sejauh apa sesorang tersebut mampu mengidentifikasi kelompok pergaulan mana yang bisa membawa pengaruh positif bagi dirinya dalam kehidupan sehari-hari.

Bergaul Lewat Membaca

Selain pergaulan riil di lapangan, kita juga sebenarnya bisa bergaul dengan cara yang lain, yaitu dari kegiatan membaca. Dengan membaca kita bisa mendapat pengetahuan-pengetahuan dari pengalaman dan pengatahuan si penulis. Termasuk dalam pergaulan dunia musik.

Menyangkut soal musik, tidak bisa dipungkiri bahwa yang paling utama adalah praktik. Karena musik pertama-tama merupakan bidang keterampilan. Namun, wawasan lain yang bisa membantu kita dalam merefleksikan kembali praktik yang selama ini telah dilakukan juga penting, setidaknya sebagai suplemen penunjang praktik.

Sehingga dengan wawasan yang lebih luas, kita bisa mengevaluasi, mengkritisi, menyempurnakan, dan semakin memperdalam hal-hal yang sudah dilakukan sebelumnya, termasuk mengembangkan konsep artistik dan lain sebagainya.

An Introduction to Music Studies

Berkenaan dengan itu, ada sebuah buku berjudul “An Intriduction to Music Studies“. Buku ini bisa dikatakan sebagai buku pengantar bagi orang-orang yang mempunyai perhatian dalam bidang musik dan ingin masuk ke dalam diskusi yang lebih luas.

Buku ini mengenalkan tentang aspek-aspek dan perpektif di luar musik namun terlibat dan mempengaruhi berbagai praktik musik.

An Introduction to Music Studies dieditori oleh J.P.E Harper-Scott dan Jim Samson, melibatkan 16 kontributor tulisan yang menyusun buku ini. Mereka semua merupakan staff akademik di Universitas London Royal Holloway.

Buku tersebut dirancang sebagai suplemen para pelajar musik dan siapa saja yang memiliki ketertarikan pada musik. Buku ini mengenalkan bagaimana dan mengapa kajian terhadap musik dilakukan.

Berbagai jenis dan topik-topik kajian musik dikenalkan secara esensial. Misalnya seperti yang berkenaan dengan topik:

  1. Sejarah musik,
  2. Analisis dan teori musik,
  3. Sosiologi musik,
  4. Psikologi musik,
  5. Estetika dan teori kritis,
  6. Kajian musik populer,
  7. Musik dan televisi, dan lain sebagainya.

Sebgai buku pengantar, buku ini terbilang sangat memudahkan pembaca karena format bacaannya yang membantu dalam cara belajar. Terdiri dari:

  1. Resume dari judul tulisan,
  2. Kisi-kisi isu kunci di awal tulisan,
  3. Sub judul pembahasan yang dipilah berdasarkan fokus bahasan (sehingga siswa tidak akan kebingungan harus berhenti di mana untuk merefleksikan kembali apa yang dibacanya),
  4. Ringkasan yang sudah dibagi menjadi beberapa poin kunci.
  5. Pertanyaan-pertanyaan yang selanjutnya dapat dielaborasi kembali melalui diskusi dengan teman sekelas.
  6. Referensi-referensi bacaan lanjutan, apabila siswa ingin memperdalam topik dan isu yang baru saja dibacanya berkaitan dengan kajian musik.

..........

Dengan format seperti itu, pembaca akan lebih mudah dalam memahami bacaan, karena dituntun melalui kata kunci dan isu-isu pokok yang mesti diperhatikan sejak awal.

Kemudian pembaca dituntun untuk mendiskusikan hasil bacaannya melalui beberapa pertanyaan yang bisa mengarahkan pembahasan dalam diskusi.

Selain itu, mereka juga dituntutun ke arah mana mesti melanjutkan pencariannya melalui bacaan-bacaan lain yang direkomendasikan untuk memperdalam topik-topik dalam masing-masing jenis kajian.

Setelah mendapat gambaran dari penjabaran berbagai topik dan jenis kajian dalam musik, pembaca kemudian juga bisa menentukan minat di jenis kajian yang mana ia tertarik.

Karena itu, bisa dikatakan “an Introduction to Music Studies” merupakan buku yang cocok sebagai pengantar bagi siswa SMA yang akan melanjutkan jenjang studinya di musik, dan juga untuk mahasiswa musik di semeter-semester awal.

DENGARKAN JUGA : BAHASA MUSIK ABAD 20

Abstraksi Magazine ini memuat wawasan mendasar tentang pelaku-pelaku musik, khususnya pendengar dan pemain musik, serta hal-hal yang mereka lakukan dalam kegiatan musikal.

Dukung kami untuk menghasilkan konten-konten berbasis pengetahuan yang berkualitas.

Abstraksi musik adalah start-up media musik yang berfokus pada pemberdayaan dan pengembangan ekosistem musik di Indonesia.

Download

Follow Abstraksi

© Abstraksi Musik.