6 APLIKASI PALING POPULAR DALAM MENDENGRKAN MUSIK

6 Aplikasi Paling Popular dalam Mendengarkan Musik. Mendengarkan musik bisa dikatakan adalah hal yang menyenangkan.

Karena dalam musik terkandung pengalaman emosional. Baik ketika memiankan ataupun mendengarkan.

Sekalipun musik yang didengarkan atau dimainkan adalah musik yang terkesan sedih.

Beberapa penelitian psikologi telah membuktikannya, bahwa musik dapat membawa pengalaman katarsis atau pelepasan beban emosi dan pikiran.

Itulah sebabnya, mendengarkan musik seringkali merupakan sarana hiburan yang banyak diminati.

Selain itu, mendengarkan musik bisa menjadi sarana apresiasi. Mengapresiasi musik juga mempunyai manfaat bagi kepekaan dan kejelian dalam menilai musik.

Dengan mengembangkan kepekaan musikal, sesorang akan memiliki sensibilitas musikal yang baik dan selera musikal yang juga luas.

Mendengarkan musik jaman sekarang semakin dipermudah dengan hadirnya banyak platform digital untuk mendengarkan musik.

Dengan lagu yang tersedia tidak terbatas jumlahnya serta dengan biaya yang sangat murah atau gratis. Meskipun yang gratis seringkali banyak memuat iklan.

Karena itu, di bawah ini adalah beberapa platform digital mendengarkan musik yang populer dan banyak digunakan.

Spotify

Salah satu platform atau layanan audio streaming yang paling banyak diminati adalah Spotify.

Spotify mulai diluncurkan sejak 2008. Sebuah platform yang merupakan milik perusahaan Spotify Technology S.A. di Luxembourg.

Spotify menyediakan musik dan juga podcast berjumlah 70 juta file audio yang bisa diakses oleh para penggunanya. Semua file audio di platform ini dilindungi hak ciptanya.

Tampil dengan UI yang mudah, lengkap-variatif, dan kualitas streaming yang terbilang ringan.

Berbagai fitur layanan juga tersedia. Mulai dari mendengarkan secara gratis meski dengan kontrol terbatas dan terdapat iklan di sela-sela pergantian lagu.

Namun fitur gratis ini cukup lumayan mengingat iklan di Spotify tidak selalu di sela-sela pergantian track. Dengan kata lain masih dalam batas yang wajar.

Di samping layanan gratis, ada juga fitur berbayar mendengarkan secara offline tanpa iklan, dengan playlist yang dibuat sendiri berdasarkan artis, genre, atau album.

Apple Music

Brand yang sudah mendunia ini juga turut terjun menyediakan layanan audio streaming.

Tentu saja dengan mengeluarkan layanan khusus audio streaming akan lebih banyak memudahkan dan menguntungkan para pengguna brand ini dalam mendengarkan musik maupun podcast.

Melalui fitur percobaan gratis, Apple Music memberikan layanan audio streaming bebas iklan dan menyediakan jutaan lagu yang bisa diakses sebagai galeri musik para pengguna Iphone dan Mac.

Galeri audio tersebut bisa diakses secara online maupun offline dan pengguna bisa mengatur sendiri playlist favoritnya.

Selain itu, para pengguna juga bisa mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan lagu-lagu yang mereka putar, melihat musik yang didengarkan teman lain, dan masih banyak lagi fitur-fitur lain yang diberikan Apple music termasuk fitur music video.

Tentu saja untuk layanan bebas akses dan kontrol, pengguna masih harus berlangganan per periode waktu dan paket yang ada dalam pilihan.

JOOX

Tidak ingin kalah, dari perusahaan negeri Tirai Bambu juga turut mengeluarkan layanan atau platform audio streaming bernama JOOX.

Platform ini dikeluarkan oleh perusahaan Trancent Holdings Ltd yang berbasis di Senzen.

Tidak ingin kalah saing, ia juga menggandeng beberapa perusahaan label rekaman besar seperti Universal Music, Warner music, Musica Studio, dan Trinity Production.

JOOX menyediakan layanan streaming gratis dengan iklan, namun jika belum berlangganan, akses dibatasi hanya untuk mengakses bebrapa koleksi lagu.

Selain menyediakan layanan streaming audio gratis dengan iklan, JOOX dilengkapi dengan beberapa fitur pilihan lain.

Di antaranya Play on Demand untuk mendengarkan musik secara offline dengan membuat playlist beberapa lagu, serta Unlimited Song Skips untuk streaming audio bebas iklan dan akses tak terbatas dengan kualitas yang terbaik.

Jika kamu adalah orang yang menyukai musik dengan kualitas audio yang baik, JOOX adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, ada juga fitur tambahan Auto-Download untuk mengunduh musik yang berada dalam playlist ketika terkoneksi dengan Wi-Fi.

Youtube Music

Platform audio streaming milik raksasa teknologi Google ini belum lama resmi masuk ke Indoneisa pada 2019 lalu.

Youtube Music bisa diakses secara gratis diselingi iklan layaknya Youtube, namun bisa mendengar tanpa iklan dengan berlangganan.

Menariknya, Yotube Music dilengkapi fitur pencarian Google Smart Search yang memungkinkan pengguna bisa mencari lagu yang tidak mereka ketahui judulnya dengan menuliskan syair lirik sebagai kata kunci.

Tidak kalah menarik, pengguna bisa menonton video klip musik yang sedang diputar.

Youtube Music juga dilengkapi dengan fitur Video Hotlist. Melalui fitur ini, pengguna bisa mengtahui lagu apa yang sedang tren.

Bandcamp

Bandcamp sedikit berbeda dengan platform streaming audio lainnya. Karena selain sebagai platform streaming, Bandcamp merupakan platform katalog musik-musik yang sedang rilis.

Memang akses yang diberikan lebih terbatas daripada platform streaming musik yang lain. Namun itu karena Bandcamp lebih berorientasi sebagai marketing sales yang mempromosikan band-band musik untuk menjual musiknya kepada para penggemar.

Streaming lagu secara gratis merupakan cara Bandcamp memberikan kesempatan bagi pengguna untuk memilih lagu mana yang akan dibeli.

Karena itum platform yang satu ini merupakan platform yang lebih ramah terhadap musisi yang tergabung dalam platform ini.

Tidal

Merupakan platform streaming audio dari perusahaan asal Norwegia.

Platform yang satu ini terbilang lengkap, dengan menyediakan sekitar 70 juta lagu yang bisa diakses.

Selain itu, platform ini mengkhususkan diri menyediakan layanan streaming audio berkualitas HD dengan kombinasi lossless audio.

Lossless audio sendiri adalah sistem kompresi data audio yang memungkinkan data audio yang berada dalam bank data Tidal menyerupai besarnya data orisinil audio yang ada.

Sehingga, file audio yang sedang didengarkan pengguna saat streaming audio melalui Tidal sangat berkualitas.

Artinya platform yang satu in isangat cocok untuk orang-orang yang benar-benar ingin mendapat pengalaman mendengarkan yang sangat berkualitas.

Worksheet ini bertujuan untuk membantu kita agar lebih peka terhadap element-element utama musik ketika kita mendengarkan musik.

Dukung kami untuk menghasilkan konten-konten berbasis pengetahuan yang berkualitas.

Abstraksi musik adalah start-up media musik yang berfokus pada pemberdayaan dan pengembangan ekosistem musik di Indonesia.

Download

Follow Abstraksi

© Abstraksi Musik.