KAPITALISASI RUANG PUBLIK

Suparto Kalimosodo Diari 5

KAPITALISASI RUANG PUBLIK. Mas Elon adalah salah satu warga di kampung saya yang pandai melihat celah dalam hal apapun, apalagi untuk sesuatu yang mengandung uang. Salah satu hal yang dilakukan Mas Elon adalah membuat warung di titik strategis yang berdapingan dengan pos kampling di kampung saya. Kebetulan titik-titik pos kampling ditempat saya di letakan pada titik strategis dimana orang akan selalu berlalu-lalang melewati pos tersebut. Dari titik strategis tersebut, tempat Mas Elon sering kali menjadi tempat persinggahan warga untuk sekedar melepas penat, menikmati teh panas dengan gorengan hangat dan menikmati kopi di sore hari.

Menu-menu yang disuguhkan oleh Mas Elon dalam warugnya bisa di bilang sederhana, gorengan hangat, aneka minuman hangat dan es, serta menu andalan Mas Elon yaitu kopi Ramu. Kopi Ramu adalah kopi yang di ramu dengan 7 rempah pilihan yang memiliki khasiat untuk menjaga stamina dan meringankan gejala masuk angin. Namun yang terpenting adalah Mas Elon mampu menjual semua menunya dengan harga yang kompetitif.

Salah satu terobosan Mas Elon hingga menjadi wirausahawan yang diperhitungan di kampung kami adalah ketika Mas Elon membangun Ruang X. Ruang X adalah wahana bagi warga kampung untuk mengapresiasi pertujukan musik dan melepas penat. Dalam proses pembuatanya Mas Elon menggandeng musisi dan akademisi ternama di kampung kami yaitu Mas List, sebagai pegatur artistik pertujukan dan sebagai penyumplai talenta berbakat. Mas Payman juga turut bergabung dalam upaya membangun Ruang X, sebagai sebagai pengatur finansial dari Ruang X.

..............

Terciptanya Ruang X diawali karena kegelisahan Mas Elon yang dagangannya sering tersisa akhir-akhir ini, sehingga Mas Elon berfikir untuk menciptakan sebuah keramaian di warungnya sehingga orang bisa membeli dagangannya hingga habis. Mas Elon terfikir untuk berkolaborasi dengan Mas List untuk menyediakan konser langsung di warungnya untuk menarik para pengunjung dan ternyata apa yang dilakukan Mas Elon berhasil.

Cara yang dilakukan Mas Elon untuk menguntungkan berbagai pihak yang terlibat di dalam Ruang X yaitu dengan menjual tiket dengan sitem paket, untuk tiket presale Rp.20.000 dan untuk tiket on the spot dihargai Rp.30.000. setiap pembelian tiket warga dapat menikmati sebuah konser dan mendapatkan 1 gelas kopi atau Teh dan 2 macam snack (bisa berupa gorengan atau jajan pasar) dari warung Mas Elon. Mas Payman di sini bertanggung jawab dalam penjualan tiket, mengumpulkan hasil penjualan tiket dan membaginya.

Ruang X langsung membuat berbagai stakeholder mendapatkan keuntungan, Mas List yang memilikijadwal tetap untuk artis-artis dalam naungan manajemennya, Mas Payman dapat mengolah keuangan dari hal tersebut untuk berinvestasi dan menggaji siapapun yang terlibat di dalamnya, warga juga di untungkan dengan adanya konser reguler sebagai entertainment, dan Mas Elon juga dapat mengatasi masalah yang dihadapinya.

..............

Saya sempat membayangkan hal lain, disini Mas Elon hanya memiliki kegelisahan terhadap dagangannya yang tidak habis, sehingga Mas Elon membuat penyelesaian masalah untuk hal tersebut. Mungkin akan berbeda Mas Elon seumuran dengan saya dan memiliki kegelisahan melihat anak muda kampung banyak yang tidak memiliki pasangan. Dengan kejelian Mas Elon untuk melihat celah yang dapat menghasilkan uang, mungkin Mas Elon bisa saja mengkapitalisasi ruang rindu remaja dikampung dengan membuat ruang taaruf bukannya Ruang X dan saya pasti menjadi pendaftar pertama. Sayangnya ini hanya bayangan saya saja….

Melalui Ruang X Mas Elon, manajemen keuangan dari Mas Payman, dan manajemen artis dari Mas List, saya melihat penggabungan 3 aspek tersebut dapat bersinergi dengan baik, yang menarik adalah masing-masing stakeholder dalam lingkaran tersebut dapat terbantu dengan terciptanya ekosistem kecil tersebut. warung Mas Elon dapat mendapatkan keuntungan karena ramai pengunjung dan daganganya laku, Mas List memiliki jadwal panggung yang tetap serta mendapatkan upah untuk artisnya, Mas Payman sebagai C.F.O (Chief Financial Officer) dapat mengontrol putaran uang yang terdapat pada Ruang X tersebut dan berinvestasi menggunakan putaran uang tersebut untuk pengembangan setiap stakeholder yang ada didalamnya. Sungguh melihat hal ini merupakan sesuatu yang indah dan bisa ditiru.

Panduan ini memuat wawasan mendasar tentang latihan beserta langkah-langkah penerapan cara berlatih yang efisien dan efektif untuk memperoleh keterampilan musikal yang optimal.

Dukung kami untuk menghasilkan konten-konten berbasis pengetahuan yang berkualitas.

Abstraksi musik adalah start-up media musik yang berfokus pada pemberdayaan dan pengembangan ekosistem musik di Indonesia.

Download

Follow Abstraksi

© Abstraksi Musik.